Tentang Saya

Irza Anwar Syaddad, lahir di Tayu 31 Oktober 1990, berbarengan dengan bagaskara dermakan cahyanya, gagahi awan yang tak berkutik di bawahnya. Mungkin inilah yang menyebabkan, masa kecilnya, takut pada hujan. Ia memanggul nama yang tak lumrah, untuk tidak dikatakan aneh. Bagaimana tidak? Untuk seorang yang nJawa, ayahnya susah-susah mencari nama sampai di negeri piramida, Mesir. Ya, Anwar Syaddad adalah “plesetan” dari salah satu nama presiden sana. Namun sayangnya, (konon) ia tertembak. Semoga Syaddad tak membawa nasib sial pemilik aslinya.

Masa kecilnya memang tidak seseru Andrea Hirata, yang kemudian malah menjadi acuan kajian antropologi. Era bertabur ingusnya juga tak semenarik Burlian, salah satu anak mamak yang menyandang gelar anak spesial, anugerah dari Wak Yati. Sejarah lampaunya bisa dikatakan, dengan meminjam istilah para suhu psikologi, Masa Kecil Kurang Bahagia (MKKB). Ini dibuktikan dengan maraknya “depresi” dan “fobia” yang tak lumrah. Pada saat TK, ia menolak difoto, hanya karena takut nanti terbakar. Usut punya usut, ternyata ia mendengarkan omongan orang dewasa yang mengeluh soal fotonya yang terbakar. Jadilah foto tahunan miliknya berhiaskan mimik cemberut-bersemu takut dengan tangan memegang sekantong kacang atom, sesajen inisiatif Bu Masruroh.

Lepas masa kecil (TK, MI, MTs) di Tayu, doi kemudian merantau ke Kajen, tetangga kecamatan Tayu. Berbekal ijazah dan rambut klimis, dia diterima di MA Perguruan Islam Mathali’ul Falah (PIM). Dia juga nyantri di Pesantren Mathali’ul Huda Al-Kautsar di bawah asuhan Abah Zakky Fuad Abdillah. Merasa kurang lama di Kajen, doi kemudian kuliah juga di STAI Mathali’ul Falah, anak ideologis PIM. Sempat berada di Yogyakarta selama 1 semester, untuk kuliah S2 di UIN Sunan Kalijaga. Tak lama berselang, takdir kemudian membawanya ke Riyadh, Arab Saudi, untuk melanjutkan S2 di Jami’ah al-Imam Muhammad ibn Su’ud al-Islamiyyah.

Blog ini adalah TPT (Tempat Penampungan Tulisan) kedua setelah Kompasiana yang pernah mengudara pada 10 Juli 2012 lalu. Blog ini direncanakan berisi coretannya yang -semoga- dimuat di media dan bualannya yang tak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Terimakasih telah sudi berkunjung ke blog abal-abal ini. Silakan mengutip atau menyebarluaskan. Asalkan masih mencantumkan sumbernya. Hitung-hitung biar terkenal di Google. Setidaknya, jika sedang dalam mood narsis, mengetik nama sendiri di Google akan muncul situs lain di samping Facebook dan Twitter.

Penulis (aih, “penulis”) dapat dihubungi di

Email: syaddad.irza@gmail.com

Facebook: Zirni Irza Syaddad

Twitter: @ZirniIrza

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s